Arti Slug dan Cara Mengoptimasinya

by

Blog dan SEO, mungkin kita sering membicarakan kedua hal ini secara berkaitan. Kita sering membahas bagaimana membuat url yang tepat untuk sebuah halaman blog. Tapi, apa sebenarnya yang di maksud dengan slug ? Dan mengapa kamu harus mengoptimasinya ? Dalam artikel ini kami akan coba menjelaskan seluruhnya yang Anda perlu ketahui.

Ketika anda bertanya kepada google “Apakah slug itu ?”, maka Anda akan menemukan definisinya adalah “Bagian dari URL yang mengidentifikasi halaman tertentu di sebuah website yang dapat dibaca oleh pengguna.” Singkatnya slug adalah bagian dari url yang menjelaskan tentang konten suatu halaman.

WordPress Slug

Di WordPress, ketika ingin mempublikasi sebuah konten artikel tentu Anda diberikan akses untuk meng-edit URL dari konten artikel tersebut sebelum mempostingnya. Dan yang perlu Anda catat adalah, hal ini akan berfungsi jika Anda menggunakan susunan permalink dengan tepat. Dan yang saya maksud dapat Anda edit adalah sebagai berikut :

Optimasi Slug

Optimasi URL Artikel

 

Gambar di bagian atas merupakan contoh url yang telah saya sesuaikan dengan menggantinya dengan “slug” sedangkan gambar bagian bawah adalah url asli yang di buat secara otomatis ketika saya mengetikkan judul artikel.

Arti Slug dan Cara Mengoptimasinya

Contoh dari gambar diatas mungkin cukup untuk menjelaskan seperti apa hal tersebut diatas harusnya di edit.

Optimasi Slug

Hal apa yang perlu Anda pertimbangkan dalam membuat url yang tepat untuk posting konten artikel atau halaman blog Anda ? Berikut sejumlah karakteristik yang perlu Anda pertimbangkan :

Efisiensi Kata

Umumnya hal ini disebut stopwords. Stopwords adalah kata-kata yang tidak tepat digunakan dalam sebuah url. Yang perlu Anda lakukan adalah saring semua kata yang tepat untuk sebuah url, salah satu kata yang kurang tepat digunakan untuk url adalah kata ‘yang’,’pada’ dan lain sebagainya.

Dan setelah Anda membaca atau mengetahui hal ini, saya harapkan Anda untuk tidak mengganti url dari artikel yang sudah Anda, karena mungkin seseorang telah menyimpannya. Yang perlu Anda lakukan adalah merubah perilaku Anda dalam menulis sebuah url di kemudian hari. Dan dalam wordpress sendiri, ketika kita sudah merubah sebuah url maka wordprss akan mengarahkan url lama ke url yang baru namun jika tidak, Anda perlu untuk membuat redirect secara manual.

Fokus

Jangan hanya menyaring stopwords, tapi juga semua kata yang Anda rasa itu tidak perlu. Pastikan url yang Anda buat itu masuk akal dan mudah di mengerti. Dalam kasus posting ini, ketika saya menuliskan judul posting “Arti Slug dan Cara Mengoptimasinya” maka secara otomatis wordpress akan membuat url seperti gambar di atas yaitu “arti-slug-dan-cara-mengoptmasinya” namun saya merubahnya secara manual menjadi “slug”.

Ada satu hal yang perlu diingat disini. “Slug” sebagai sebuah subjek bahasan akan menjadi titik pusat informasi tentang apa itu slug, dan jika saya menggunakannya sebagai sub-halaman atau materi penjelasan dari materi utama, mungkin saya akan buat menjadi “optimasi-url”. Karenanya kami menggunakan “slug” untuk sebuah alasan tersebut. Jadi pertimbangkan baik-baik ketika Anda membuat atau memilih url.

Tetap pendek, Tapi Deskriptif

URL halaman Anda juga ditampilkan dari hasil pencarian Google. Dan kadang-kadang itu juga di ganti dengan breadcrumbs (susunan folder /path). Ketika itu ditampilkan, Google akan menyoroti kata yang sesuai dengan permintaan pencarian.

Contoh hasil pencarian Google

Contoh hasil pencarian Google

 

Jadi Anda perlu untuk selalu menjaga poin-poin di atas.  Disamping itu, slug yang singkat setelah url domain merupakan salah satu penilaian Google dalam menunjukkan kata kunci dalam hasil pencarian melalui halaman smartphone.

Sekarang saatnya untuk mengoptimasi blog Anda, dan selalu perhatikan poin-poin di atas ya!


Comments

  1. Bermanfaat ini agar wordpress menjadi lebih teroptimasi lagi……

    Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: